Liburan Akhir Pekan di Pantai Tirang Semarang




Hari itu, suasana pagi di Semarang terasa cerah. Setelah minggu yang panjang dan melelahkan, akhirnya kami berkesempatan untuk berlibur ke Pantai Tirang. Liburan ini sudah lama kami rencanakan, dan anak-anak tidak sabar untuk merasakan pasir dan ombak. Dengan semangat, saya menyiapkan segala perlengkapan, termasuk kamera untuk mengabadikan setiap momen bersama yang berharga di Pantai Tirang.

Rute Menuju Pantai Tirang

Setelah sarapan, kami berangkat dari rumah. Pantai Tirang terletak sekitar 40 menit jika di tempuh dari Tembalang Semarang. Rute yang kami pilih adalah melalui jalan utama Semarang menuju Kendal. Saat di pertigaan Hanoman kita belok kiri ke arah Graha Padma Semarang. Dari Graha Padma menuju Pantai Tirang masih 10 menitan lagi. Kita akan disuguhi pemandangan perumahan graha padma, tambak, dan jalan tanah lebar saat menuju pantai tirang. 

Tiba di Pantai Tirang

Akhirnya, kami tiba di Pantai Tirang. Saat berhenti di Parkiran, Angin segar berhembus, dan suara ombak menjadi musik alami yang menenangkan. Saya mengeluarkan kamera dan mengambil foto suasana sekitar, merekam momen kedatangan kami. Pemandangan laut yang luas dengan langit cerah adalah latar belakang yang sempurna untuk foto keluarga.


Fasilitas yang Tersedia

1. Bermain Pasir Putih Sepuasnya

Pantai Tirang merupakan salah satu pantai pasir putih di Semarang. Tidak harus jauh jauh ke Pantai Bandengan Jeparan untuk menikmati pasir pantai indah, kamu yang tinggal di Semarang bisa mampir ke Pantai Tirang saja untuk menikmati dan bermain pasir putih. 

2. Berenang atau Main Air Sepuasnya

Pantai tirang semarang memiliki bibir pantai yang dangka. Jadi kita bisa tenang melepas anak anak bermain air atau berenang di pantai tirang. Pengelola juga sudah memberi penanda atau memberi tali keliling terhadap batas mana yang masih aman untuk berenang bagi pengunjung, terutama anak anak

3. Main Musik Outdoor/ Karaoke Terbuka

Saat memasuki area pantai tirang semarang, kita akan mendengar lagu yang dinyanyikan oleh pemusik pantai tirang. pengunjung bisa request lagu atau bernyanyi sendiri seolah sedang manggung sendiri di are apntai tirang

4. Kamar mandi yang dibatasi airnya, Rp. 5000 untuk 1 seember kecil

ini sih yang menjadi perhatian, tidak seperti pantai pantai lain yang bebas menggunakan air kamar mandi, kamar kecil atau bilas, di pantai tirang air sangat mahal di banding pantai lainnya. 1 (satu) ember kecil air dihargai 5000 (lima ribu) rupiah. jadi kalo badanmu banyak pasir, bisa berember ember untuk bisa membersihkan diri atau membilas.

5. Mancing

Saat perjalanan ke Pantai tirang kita juga akan melihat bahkan berpapasan dengan pemancing yang dari atau akan ke pantai tirang. 

6. Kulineran

Ada kuliner tiram bakar disini, tapi bisa juga menikmati suguhan lain yang dijajakan warung warung pinggir pantai.




Harga Tiket Pantai Tirang Semarang

Setelah membayar tiket, kami menjelajahi area pantai. Salah satu hal yang menarik dari Pantai Tirang adalah fasilitas yang disediakan. Terdapat area parkir yang luas tapi panas (namanya juga pantai, pasti panas ya!), maksudnya tempat parkir ini tidak dinaungi dengan pohon rindang ataupun penahan sinar matahari lainnya.

Biaya masuk ke Pantai Tirang sangat terjangkau perorangnya  yaitu Rp. 5000 untuk weekdays dan Rp. 10.000  untuk weekend belum termasuk tiket parkir. Harga tiket hanya untuk menikmati pemandangan laut. Sedangkan untuk menikmati gasebo, kamar kecil dan bilas setelah bermain di pantai ada harga tersendiri.

Momen Bermain di Pantai

Anak-anak tidak sabar untuk segera bermain di pantai. Mereka berlari menuju air, dan saya mengikuti dengan kamera siap sedia. Suasana pantai sangat ceria, suara tawa mereka memenuhi udara. Ombak yang lembut dan pasir yang hangat membuat pengalaman ini semakin menyenangkan. Saya mulai mengambil foto-foto mereka saat bermain air, berusaha menangkap momen-momen kebahagiaan. Setelah beberapa saat bermain air, kami memutuskan untuk membangun istana pasir. Dengan semangat, anak-anak mulai menggali dan membentuk pasir. 

Saat istana pasir mulai terbentuk, kami semua merasa bangga. Melihat anak-anak berinteraksi, bekerja sama, dan bersenang-senang adalah kebahagiaan tersendiri bagi saya. Momen-momen ini, meski sederhana, penuh makna. Saya mengingatkan diri untuk selalu menyimpan kenangan ini dalam hati dan foto-foto.

Lokasi Pantai Tirang

Pantai Tirang terletak di Kelurahan Tugurejo, Kec. Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Maron atau Marina Kulon, hanya saja pintu masuk pantai tirang berbeda dengan pantai maron. Klik disini untuk lokasi google mapsnya 

Post a Comment for "Liburan Akhir Pekan di Pantai Tirang Semarang"