Tips dan Trik Untuk Anak Susah Makan



Minggu pagi itu tidak beda dengan minggu pagi pekan sebelumnya. Saat sarapan di ruang makan, saya duduk sambil menatap putra saya khalif yang usianya sudah beranjak 6 tahun. Di depannya ada semangkuk nasi, lauk dan sayur, namun yang dilakukan Khalif hanya memainkan sendok tanpa berniat untuk menyuapkannya ke mulut. Ya, meskipun sudah kelas 1 SD, khalif masih susah kalau disuruh makan. 

"Yah, aku gak mau makan," ujar Si Kecil dengan wajah cemberut.

Sayapun menghela napas. Ini bukan pertama kalinya adek menolak makan. Sebagai ayah, tugas kita tak hanya bekerja, tetapi juga memastikan si kecil mendapatkan nutrisi yang cukup. Namun, mengatasi anak yang susah makan bukan perkara mudah. 

Berbagai cara sudah dicoba, dari mengubah menu, mengajak bicara, hingga membujuk dengan mainan. Tapi hari itu, kami sebagai orang tua harus punya pendekatan baru. Jangan hanya bisa memaksa, tetapi mencari cara yang lebih bijak. Meskipun terkadang jika suasana hati  tidak sedang baik-baik saja, tak jarang keluar nada ancaman untuk si kecil. Tapi kami usahakan untuk melakukan pendekatan yang baik agar anak mau makan.

"Dek, kamu tahu gak? Kalau nasi dan sayurnya kamu makan, nanti bisa jadi super kuat kayak Spiderman!" ujarku dengan penuh semangat.

Se kecil menatap ayahnya dengan mata berbinar. Superhero selalu menarik perhatiannya.

"Benar, Yah?" tanyanya, mulai tertarik.

Sayapun  mengangguk, dan perlahan, Sikecil mulai menyuapkan nasi ke mulutnya. Meskipun tidak langsung habis, tapi alhamdulillah sudah ada kemajuan.

Tips dan Trik Untuk Anak Susah Makan

Sering kan Ayah Bunda mendapati si kecil susah makan? Berikut tips dan trik atau  cara mengatasi anak susah makan 


1. Ciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan

Anak-anak mudah bosan, terutama saat makan. Orang tua mencoba menciptakan suasana makan yang menyenangkan dengan bercerita atau mengaitkannya dengan hal-hal yang disukai anaknya, seperti superhero.

2. Libatkan Anak dalam Menyiapkan Makanan

Satu kali, Orang tua mengajak si  kecil untuk membantu di dapur, walaupun hanya sekadar mencuci sayur atau memilih lauk. Dengan begitu, si kecil merasa lebih terlibat dan penasaran dengan hasil akhirnya.

3. Berikan Porsi Kecil

Orang tua harus menyadari, terkadang si Anak malas makan karena melihat porsi yang terlalu besar. Dengan memberikan porsi kecil, anak jadi tidak merasa kewalahan dan lebih mudah memulai.

4. Jangan Memaksa

Ini hal yang paling penting. Orang tua harus tahu, anak-anak bisa semakin menolak jika dipaksa. Dengan sabar, orang tua memberi waktu bagi adek untuk mengenali rasa lapar dan makan sesuai keinginannya.

Dengan kesabaran dan kreativitas, orang tua hrus pelan-pelan mengatasi masalah makan pada si kecil. Tidak ada solusi instan, tetapi perlahan si kecil mulai menikmati waktu makan. Baginya, makan kini bukan sekadar kewajiban, tetapi momen bersama sang ayah.

Oke ayah bunda. Sedikit sharing dari saya, jika artikel yang berdjudul Tips dan Trik untuk Anak Susah Makan bermanfaat silakan dibagikan kepada ayah bunda lainnya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami.

Post a Comment for "Tips dan Trik Untuk Anak Susah Makan"